Blogger Perempuan

Meet Yourself (2023) Ep.1: Budaya dan Etos Kerja

Xu Hong Dou adalah manajer sebuah hotel berbintang di Beijing yang memiliki karir bagus dan sedang menanjak. Dia menjunjung tinggi profesionalitas.

  Kata siapa drama China melulu bertopik Cinderella Story  alias kisah si miskin dengan CEO. Nggak, kok. Bahkan ada drama China yang sengaja mempromosikan wisata desa di Yunnan. Dari dracin Meet Yourself ini banyak banget hal yang bisa kita pelajari tentang bisnis pariwisata dan budaya Cina. Apalagi dracin ini dibintangi oleh superstar Li Xian dan Liu Yi Fei (Chrystal Liu).

Meet Yourself (2023)
Meet yourself
[Photo: Search by Google]

Tentang Si Worcaholic

Xu Hong Dou adalah manajer sebuah hotel berbintang di Beijing yang memiliki karir bagus dan sedang menanjak. Profesionalitas yang dia junjung menjauhkan Xu Hong Dou dari rumah yang dia tempati bersama sahabatnya, Chen Nan Xing. Saking jarangnya dia pulang, Xu Hong Dou tidak membuka paket-paket kiriman adiknya yang berisi makanan sampai kadaluarsa.

Xu Hong Dou sangat cuek pada kehidupannya sendiri. Justru temannya yang selalu mengingatkan Xu Hong Dou dalam banyak hal. Termasuk memeriksa kesehatan rutin. Saat pemeriksaan rutin di Rumah Sakit, Chen Nan Xing divonis memiliki kelainan pada pankreas. Tanpa disangka, dia sudah mengidap kanker.

Selama Chen Nan Xing dirawat di Rumah Sakit, Xu Hong Dou tetap menjalani aktivitas dan pekerjaannya. Suatu malam ketika Xu Hong Dou mengunjungi Chen Nan Xing di rumah sakit, ada pasien yang meninggal dunia di kamar yang sama dengan Chen Nan Xing. Xu Hong Dou melihat ketakutan yang dihadapi oleh Chen Nan Xing. Chen Nan Xing tahu hidupnya akan berakhir sama dengan pasien sekamarnya, dia mengajak Xu Hong Dou ke convinient store rumah sakit dan berpesan pada Xu Hong Dou agar lebih menghargai diri sendiri setelah dia mati. Keduanya berusaha tidak membayangkan hal sedih, tapi Xu Hong Dou tahu dirinya yang paling kehilangan nanti.

meet yourself
Xu Hongdou tiba di Yunnan
[Photo: mydramalist]

Saat kondisi di hotel sedang sibuk dengan peningkatan jumlah tamu khusus, Xu Hong Dou mendapat kabar Chen Nan Xing meninggal. Usai jenazah Chen Nan Xing dikremasi, Xu Hong Dou terasa sangat terpukul dan larut dalam kesedihan. Konsentrasinya dalam bekerja juga berkurang. Keseharian Xu Hong Dou lebih banyak melamun sampai ia kelelahan. Xu Hong Dou pingsan di tempat kerja, dokter mendiagnosa penyebabnya karena Xu Hong Dou mengalami tekanan dan panik berlebihan.

Setelah keluar dari rumah sakit, Xu Hong Dou menemukan pesan terakhir Chen Nan Xing di Wechat-nya. Chen Nan Xing mengirim voice note di ujung usianya dan meminta Xu Hong Dou untuk berbahagia, lebih memperhatikan diri sendiri, melakukan perjalanan atas namanya dan mendoakannya dengan membakar uang kertas. Xu Hong Dou membuat keputusan  mengundurkan diri dari pekerjaannya untuk berlibur tiga  bulan di Yunnan.

Tradisi Membakar Uang Arwah

Dari beberapa footage yang ditampilkan dalam dracin Meet Yourself,  Xu Hong Dou bekerja di hotel kawasan Beijing Olympic Green. Pemandangan yang disajikan di sini adalah menara seperti bentuk jamur menjulang tinggi.

Di akhir cerita episode pertama, Chen Nan Xing berpesan kepada Xu Hong Dou untuk membakar uang kertas setiap tahun untuknya. Semakin banyak semakin bagus. Membakar uang kertas untuk orang yang sudah meninggal merupakan tradisi turun temurun dilakukan oleh etnis China di seluruh dunia. Tradisi ini dilaksanakan setiap tahun pada setiap perayaan atau upacara pemakaman.

tradisi bakar uang arwah
Bakar uang arwah di China
[Photo: Kumparan]


Uang yang dibakar tentu saja bukan uang asli yang biasa digunakan untuk nilai pertukaran bisnis. Uang kertas yang dibakar disebut dengan uang arwah atau uang hantu. Menurut sejarahnya, tradisi membakar uang kertas sudah dilakukan sekitar 2500 tahun yang lalu dimulai dari masa Dinasti Jin (265-420), tradisi ini kemudian menjadi tradisi warisan sampai ke Dinasti Tang dan Dinasti Song.

Berdasarkan kepercayaan setempat, tradisi membakar uang kertas termasuk dalam kepercayaan Taoisme, Buddha, dan cerita rakyat daerah di China. Katanya, membakar uang kertas berkaitan dengan keyakinan terhadap pemenuhan kebutuhan orang yang sudah meninggal di akhirat. Mereka percaya dengan membakar uang kertas dapat memenuhi kebutuhan orang yang sudah meninggal di akhirat.

Hmmm, pantas saja Chen Nan Xing berkata, “semakin banyak semakin bagus” ya. Ternyata semakin banyak uang yang dibakar, maka kehidupan Chen Nan Xing di akhirat semakin layak dan mapan.

Ritual membakar uang kertas ini paling banyak ditemui pada Sweep Tomb Festival (qingming jie) yang jatuh pada bulan April setiap tahunnya. Pada festival ini para orang dewasa datang ke makam, membersihkan makam, dan membakar uang kertas sebagai persembahan. Bisa disebut juga sebagai festival ziarah para pendahulu.

Dari pesan yang dikirimkan oleh Chen Nan Xing untuk Xu Hong Dou, membakar uang kertas yang dimaksud setiap tahun itu pada perayaan qingming jie. Dari perbincangan mereka sebelum Chen Nan Xing meninggal, Chen Nan Xing membandingkan kehidupannya dengan Xu Hong Dou yang lebih makmur. Makanya, dia meminta sahabatnya untuk membakar uang kertas yang banyak agar hidupnya di akhirat bahagia.

Posting Komentar