Blogger Perempuan

5 Alasan Penting Bergabung di ODOP Blogger Squad

 ODOP Blogger Squad (OBS)? Apa itu?

Jujurly, saya juga belum paham-paham banget dengan program dan kelas yang ingin saya tuju ini. Inilah alasan terkuat saya bergabung di sini dengan harapan bukan saja mengenal, tapi menjadi ladang saya memanen ilmu. Khususnya ilmu dunia blogging yang terlihat sederhana, tapi nggak sesederhana pikiran saya. Sekayak nggak ada kerjaan buat orang, tapi bisa menjadi pekerjaan buat Sebagian orang. Ini pula alasan lain kenapa menekuni dunia blogging juga harus ada ilmunya.

Alasan utama yang saya pendam sejak zaman mengenal blog hingga dinyatakan lulus open recruitment ODOP Angkatan 12 pada awal Juli lalu justru ada beberapa. Ini merupakan hasil rincian dari alasan utama saya di atas.


The Oliversity adalah rumah daring kedua dengan niche lifestyle
[Photo: Created by Canva]


1.   Punya Blog Nggak Punya Ilmu

Sejak pertama kali memulai menulis di blog dan memiliki alamat dengan domain sendiri, tentu saja saya senang bukan kepalang. Rasanya keren. Bisa menulis, tapi nggak perlu numpang di ‘rumah orang’ demi eksis. Saya bisa menulis kapan saja tentang apa saja. Namun ada hal-hal yang saya justru tidak miliki dan tidak bisa atas Ketika berkaitan dengan teknis. Saya nggak punya ilmunya.

Kalau blog ibaratnya rumah, saat ngontrak di blogspot atau wordpress, hambatan yang saya hadapi minim. Akan tetapi saya nggak memiliki kebebasan karena statusnya juga ngontrak. Hehehe, kalau sudah bermasalah atau si blog ngilang tiba-tiba, ya sudahlah saya pindah rumah lagi alias buat akun baru. Begitu pindah ke rumah sendiri, semuanya harus diselesaikan sendiri. Seperti setting ini itu, termasuk hal-hal kecil yang tidak selalu bisa dijelaskan oleh Google dengan jelas seperti keinginan saya.

Saya yakin sekali dengan bergabung dengan ODOP Blogger Squad (OBS) segala ilmu tentang blog yang butuhkan akan saya dapatkan. Tentu saja, saya juga akan bersungguh-sungguh berguru kepada para suhu blog.

2.   Tetap Healing Tanpa Hilang

Sebelumnya saya pernah bercerita kalau menulis bagi saya sama seperti healing. Saya nggak butuh merogoh kocek buat healing, cukup dengan menulis saja semua kepenatan hidup saya berkurang. Semudah itu.

Belakangan saya mulai gelisah saat teman-teman blogger bercerita soal istilah blog dan kebermanfaatan. Memang benar, menulis blog sebagai healing itu efektif buat saya. Namun alangkah indahnya jika apa yang saya tuliskan juga dapat dibaca oleh orang lain dalam jangkauan luas. Selama ini, karena tidak ada ilmunya saya hilang-hilang muncul di dunia pencarian. Bersama ODOP Blogger Squad (OBS) saya ingin tetap healing tebal-tebal tanpa menghilangkan manfaat apa yang saya bagikan.

3.   Ngejar Ilmu Buat Ngajar

Sebagai salah seorang tenaga pendidik yang mengajar kepenulisan, tentu saja upgrade ilmu juga penting. Apalagi anak didik sekarang informasi yang didapatkan luas. Pengetahuannya banyak, terkadang mereka suka bertanya apa yang saya belum pelajari. Ada kalanya pertanyaan mereka hanya singgah di kelas tanpa bisa mereka bawa pulang jawabannya.

Ketika saya memutuskan mengenalkan dunia menulis di era digital, tentunya saya juga harus siap dengan berbagai pertanyaan terkait literasi di dunia digital kepada mereka. Termasuk tentang blogging ini. Lagi-lagi, ODOP Blogger Squad (OBS) adalah tempat yang tepat untuk menimba ilmu.

4.   Jejaring Blogger Pro

Berbicara soal blogger professional, bukan rahasia lagi kalau ODOP Blogger Squad (OBS) memang melahirkan para blogger pro. Meski ini tergolong bonus, tapi bertemu dan membangun jejaring dengan para blogger pro adalah salah satu alasan saya bergabung dengan ODOP Blogger Squad (OBS). Saat ini hanya beberapa orang yang kenal sebagai blogger pro. Salah satunya Kak Jihan Mawaddah yang kerap memenangkan lomba-lomba blog. Beliau sangat menginspirasi saya untuk menjadi blogger profesional.

5.   Komunitas Impian

Kata siapa tidak banyak yang mengincar ODOP Blogger Squad (OBS)? Sepertinya hampir semua blogger yang sudah tahu kalau ngeblog bisa menjadi ladang rezeki tentu ingin bergabung dengan ODOP Blogger Squad (OBS). Saya salah satunya. Saat blogwalking dan menemukan logo Blogger Squad, lantas di dalam pikiran saya juga terlintas keinginan untuk bergabung dengan ODOP Blogger Squad (OBS).


My commitment statement
[Photo: Ulfa Khairina]

Semoga saja dengan bergabung di ODOP Blogger Squad (OBS) apa yang saya harapkan tercapai. Blog saya nggak cuma dilihat nulis sekedar goblog oleh para pembaca yang tidak paham, tapi juga menjadi salah satu sedekah jariyah melalui tulisan yang saya bagikan. Aminn!!

Melalui tulisan singkat saya ini, ada keseriusan yang ingin saya tanamkan dalam diri: saya Ulfa Khairina siap mengikuti OPREC OBS 2024 dengan sepenuh hati sampai lulus.


4 komentar